Tutorial program microsoft Excel – Untuk memulai tutorial mengenal tampilan awal excel pertama – tama pastikan program microsoft excel sudah terinstall di pc atau laptop, untuk tutorial ini saya menggunakan microsoft excel 2016, jika anda sebelumnya pernah menggunakan program microsoft excel 2007 maka tampilan awal excel 2016 ini tidak akan terlalu berbeda, akan tetapi jika kita tidak mengenal tab ribbon pada excel 2016 kita akan kesulitan dalam pengolahan data di excel nantinya.

Untuk mempermudah anda dalam mengikuti tutorial excel ini, buka terlebih dahulu program microsoft Excel 2016 melalui start menu atau icon excel 2016 yang ada di kesktop.

Daftar Materi Mengenal program microsoft excel

Program microsoft excel

program ini merupakan salah satu program yang paling banyak digunakan diberbagai perkantoran terutama di indonesia sendiri hampir semua perkantoran menggunakan program microsoft excel, sebenarnya selain dari microsoft ada banyak program – program lainnya yang bisa kita gunakan seperti openoffice, libreoffice, wpsoffice, dan lain sebagainya.

Microsoft excel merupakan salah satu aplikasi yang ada dalam paket pembelian aplikasi microsoft office, aplikasi ini adalah aplikasi berbayar sehingga untuk dapat menggunakan aplikasi ini kita perlu membeli licensinya terlebih dahulu, meskipun saat ini microsoft telah mengeluarkan aplikasi office mobile yang dapat digunakan secara gratis.

Berikut kisaran harga untuk pembelian aplikasi office di Amazon per 11 oktober 20018 :

  1. Microsoft Office home & student 2016             $ 79
  2. Microsoft Office Home and Business 2016      $ 209
  3. Microsoft Office profesional 2016                       $ 359

Mengenal Ribbon

Excel 2016 pada dasarnya mengandalkan menu pada screen yang disebut dengan Ribbon, dimana sebagian besar perintah di excel. Didalam Ribbon terdapat beberapa tab, dan masing – masing tab memiliki beberapa kelompok perintah yang berbeda – beda, didalam tab ini anda akan melakukan berbagai tugas yang umum diexcel.

program microsoft excel
Excel 2016 Ribbon Menu

Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai ribbon adalah :

1. Setiap tab memiliki kelompok perintah

program microsoft excel

2. Beberapa kelompok akan memiliki tanda panah dibagian pojok kanan bawah di masing – masing kelompok, klik untuk melihat pilihan lainnya yang tersedia.

program microsoft excel

3. Klik Tab untuk melihat daftar perintah pada tab tersebut.

program microsoft excel

4. Kita dapat mengatur tampilan ribbon di menu display option, ada dibagian pojok kanan atas.

program microsoft excel

  • Auto-hide, akan otomatis menyembunyikan ribbon jika tidak digunakan.
  • Show Tabs untuk hanya menampilkan nama tab pada tampilan ribbon.
  • Show Tabs and Commands menampilkan semua Commands yang ada di tab ribbon, secara default tampilan ribbon akan menggunakan Show Tabs and Commands ini.

Quick Access Toolbar

Selain itu, excel 2016 juga dilengkapi dengan Quick Access Toolbar, secara default toolbar ini berisi perintah save, undo, redo, print privew, selain itu kita juga bisa menambahkan lebih banyak perintah pada Quick Access Toolbar seperti berikut :

program microsoft excel

Cara menggunakan Tell Me

Tool ini merupakan salah satu tool andalan yang dihardirkan di excel 2016, fitur ini terletak di atas ribbon, di paling kanan dari tab ribon dengan icon lampu dan bernama “Tell me what you want to do..”
Penggunaan tool ini, kita cukup ketikan apa yang kita inginkan di kolom “Tell me what you want to do…” setelah itu excel akan menampilkan daftar perintah yang berkaitan dengan kata yang anda ketikan.
Misalnya kita mengetikan kata print, maka akan muncul perintah – perintah berikut dalam daftar break down :
  • preview and print
  • print
  • Print Gridlines
  • Print Preview and Print

  • Print Guidelines

  • Print Area

  • See Help for “Print”

mengenal tell me pada excel 2016

kita cukup klik daftar perintah yang muncul, maka lembar kerja kita akan langsung diarahkan pada halaman perintah tersebut.

Worksheet View

worksheet merupakan jendela kerja pada microsoft excel, di worksheet ini kita bisa mengolah data mulai dari perhitungan sederhana sampai pengolahan data lebih lanjut dengan menggunakan banyak rumus, bahkan vba macro.

Dalam microsoft excel 2016 termasuk pada versi – versi sebelumnya, pihak pengembang membuat tiga mode view tentusaja mode view ini dibuat untuk mempermudah pengguna dalam pengolahan data. berikut beberapa mode view pada excel 2016 :

  1. Normal view
    pada mode normal kita bisa melihat tampilan worksheet yang secara default akan disajikan kepada pengguna dalam pertama kali menggunakan microsoft excel. Mode ini mempermudah pengguna dalam pengolahan data pada setiap cell karena mode ini menampilkan worsheet secara keseluruhan.
  2. Page Layout view
    tampilan ini digunakan untuk menampilkan bagaimana halaman lembar kerja kita akan dicetak, kita juga bisa menambahkan header dan juga footer pada tampilan ini.Dalam tampilan ini jendela lembar kerja kita yang pada normal view hanya satu tampilan, disini akan ditampilkan sesuai dengan lebar kertas yang digunakan. apabila lembar kerja kita memiliki 4 halaman, maka data – data kita akan ditampilkan di halaman berbeda sesuai dengan halaman tempat data itu akan dicetak.
  3. Page Break view
    Tampilan ini akan sangat membantu kita dalam mengatur break page, break page ini digunakan untuk memisahkan halaman saat kita mencetak data kita.Di halaman ini kita bisa menambahkan break page untuk membagi data yang kita print menjadi beberapa halaman sesuai dengan keinginan kita, atau juga menghapus break page untuk mengurangi jumlah halaman yang akan tercetak sesuai keinginan kita.

Backstage view

dalam Backstage view banyak terdapat perintah – perintah penting, jika dalam office 2003 backstage ini sama dengan menu file, tapi backstage memiliki tampilan yang lebih elegan. Backstage mulai dikenalkan pada office 2007, hanya saja pada office 2007 masih menyisakan tampilan dari office 2003 sedangkan di office 2010 kesini langgsung menampilkan satu layar penuh.

beberapa command yang akan kita temui di backstage diantaranya :

program microsoft excel backstage

  • Back command : untuk kembali ke worksheet
  • info : Info akan otomatis muncul ketika kita membuka backstage view, disini informasi mengenai workbook yang saat ini dibuka akan ditampilkan secara lengkap.
  • New : untuk membuat workbook baru
  • open :untuk membuka workbook lainnya.
  • save ; save as : untuk menyimpan workbook
  • print : terdapat setting print dan juga print preview.
  • share : dapat untuk mengundang seseorang untuk dapat melihat dan berkolaborasi dalam workbook kita, dapat juga membagikan dokumen via email.
  • Export : untuk meng export file workbook dalam format dokumen lainnya seperti pdf.
  • publish : untuk mempublish workbook ke Power BI, sebuah cloud sharing service untuk excel workbook.
  • close : untuk menutup workbook
  • account : untuk mengakses informasi akun microsoft, mengganti tema dan juga log out akun.
  • option : opsi lebih lanjut, setting dan juga pengaturan bahasa.

Terimakasih sudah membaca tutorial awal program microsoft excel ini, untuk melihat daftar isi dari seri tutorial ini silahkan kunjungi link dibawah.

 

Index  |  Next : Shortcut Excel


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *