10 Tips Mengontrol Belanja Berlebihan

Maret 7, 2019

10 Tips Mengontrol Belanja Berlebihan yang akan kami bahas disini, kami rasa itu penting.

Karena kami yakin bahwa kita semua memiliki shopaholic di dalam diri kita, hanya saja setiap orang memiliki tingkatan yang berbeda – beda.

Oleh karena itu untuk mengontrol hobi shoping anda, kami akan memberikan 10 Tips Mengontrol Belanja Berlebihan.

Kita tahu pada era digital saat ini, semua semakin mudah dijangkau. Tidak ada lagi batasan jarak yang menghalangi sesorang untuk belanja.

Itu semua karena adanya toko online yang bisa kita akses kapan saja dan dimana saja, yah.. selama ada signal dan ada kuota 🙂

Tidak ada yang salah dengan berbelanja baik online ataupun offline.

Tidak ada yang salah dari toko – toko online yang sekarang bertebaran.

Tidak ada yang salah dengan keinginan belanja bahkan hobi belanja kita.semua tergantung pada tujuan dan pengendalian diri kita.

Sudah menjadi kodrat manusia untuk memiliki keinginan yang tidak terbatas, akan tetapi yang perlu diingat adalah kemampuan manusia untuk memenuhi keinginan tersebut

Tanpa adanya kontrol diri yang baik, bisa saja orang tersebut akan bangkrut, terlilit utang atau tidak bisa memiliki tabungan masa depan.

Berikut 10 Tips Mengontrol Belanja Berlebihan :

1. Buat Anggaran
10 Tips Mengontrol Belanja Berlebihan

Banyak orang terkadang tidak sadar bahwa pengeluaran keuangan mereka terlalu besar, banyak dari pengeluaran tersebut digunakan untuk pengeluaran yang tidak benar – benar diperlukan.

Itulah mengapa seseorang perlu membuat anggaran, dan memilah daftar pengeluaran dengan menerapkan skala prioritas.

Buat daftar prioritas pengeluaran dari yang paling urgent hingga prioritas terendah.

Jika perlu siapkan amplop, bisa juga menggunakan e-wallet untuk setiap jenis pengeluaran tersebut.

Isi dengan jumlah yang sudah ditentukan, ketika uang tersebut habis maka tunggu hingga gajian bulan depan.

Misalkan satu amplop untuk menonton film / makan diluar, ketika uang diamplop itu habis, maka tunggu hingga gajian bulan berikutnya.

Pengendalian diri disini sangat penting, kalian harus terus mengingatkan diri sendiri bahwa jatah untuk pengeluaran tersebut telah habis.

Kalian juga harus meyakinkan diri kalian untuk menunggu sampai bulan depan.

Dengan cara ini kalian akan bisa lebih memahami berapa pengeluaran bulanan untuk setiap jenis kebutuhan.

Kalian juga akan dapat melihat seberapa besar kalian harus menginvestasikan uang kalian untuk masa depan.

Terakhir cobalah rekap keuangan anda mulai bulan ini, sehingga semakin jelas pengeluaran – pengeluaran apa saja yang perlu anda highlight.

Sebagai referensi, baca juga cara membuat laporan keuangan

2. Gunakan Uang Tunai

Penggunaan uang tunai akan mempermudah kalian dalam melacak pengeluaran kalian, berbeda dengan kartu kredit yang kemudian diakhir bulan segudang tagihan akan menghampiri.

3. Menempel Daftar

Dengan membuat daftar pada stickynotes bisa membuat kita selalu ingat akan pengeluaran prioritas kita, meskipun sepertinya agak ribet, tapi cara ini patut dicoba.

Kalian harus ketat terhadap diri sendiri, masalah utama seseorang tidak bisa mengontrol pengeluaran adalah karena mereka tidak bisa menahan diri.

4. Membuat target untuk diri sendiri

McDougall memberikan rekomendasi untuk menetapkan sasaran dan mendokumentasikan pengeluaran Anda untuk mengekang pengeluaran Anda .

Dia berkata, ” Sangat penting bagi kalian untuk menetapkan tujuan untuk diri sendiri dan menindaklanjutinya untuk memastikan Anda mencapainya”.

5. Gunakan Kalkulator

Gunakan kalkulator dalam pikiran kalian setiap kali belanja, terutama disupermarket atau mini market.

Seringkali ketika seseorang pergi ke mini market, apa yang akhirnya mereka membeli melebihi dari rencana awal mereka.

Tanpa adanya perhitungan dan perkiraan, anda mungkin akan kaget betapa besarnya pengeluaran anda saat itu, padahal mungkin anda merasa baru membeli beberapa produk.

6. Pergilah berbelanja sendiri

Bagi anda yang sudah berkeluarga, sebaiknya jangan selalu mengajak anak anda ketika anda ingin berbelanja disupermarket atau minimarket.

Ketika anda mengajak anak anda, seringkali anada akan membeli barang – barang yang tidak direncanakan sebelumnya, entah itu permintaan sang anak atau keinginan anda sendiri.

Dengan pergi berbelanja sendiri, seharusnya anda akan bisa mengikuti rencana awal belanja anda tanpa ada gangguan

Jika perlu tulis daftar barang yang mau anda beli sebelum berangkat.

7. Jujurlah pada diri sendiri

Ketika anda pergi ke sebuah mall, kemudian anda melihat tas cantik disana.

Tanyakan pada diri anda apakah anda sudah memiliki tas yang sama atau apakah anda baru saja membeli sebuah tas belum lama ini ?

Jika semua pertanyaan itu jawabannya adalah belum..

Tanyakan kembali pada diri anda, apakah anda sudah menganggarkan pengeluaran untuk tas ini ?

Jika belum juga..,

Tanyakan kembali apakah anda benar – benar membutuhkannya atau anda hanya menginginkannya ?

Ada perbedaan besar antara menginginkan sesuatu dan membutuhkan sesuatu.

Tnda harus bijak dan juga harus jujur pada diri sendiri dalam menetukan keputusan tersebut.

8. Jangan Berbelanja Saat Sedang Merasa Emosional

Terkadang ada orang yang melampiaskan kekesalannya dengan pergi ke pusat perbelanjaan kemudian berbelanja barang – barang yang bahkan tidak dia butuhkan untuk meredakan emosinya.

Apakah anda yakin emosi anda akan benar – benar hilang setelah anda menghabiskan sebagian besar uang anda untuk berbelanja ?

Jika dengan pergi ke taman atau tempat lain bisa membantu anda lebih tenang walau hanya sedikit, sebaiknya hindari pergi ke pusat perbelanjaan

Karena saat emosi anda akan lupa akan semua rencana yang sudah anda susun.

Sehingga pada akhirnya tanpa sadar anda akan kehilangan sebagian besar anggaran anda untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

9. Jangan Berbelanja Bahan Makanan Saat Anda Lapar

Ketika sesorang merasa lapar bahkan sangat lapar, nafsu makan akan meningkat, sehingga menu apapun akan terlihat sangat lezat.

Saat itu seseorang tidak akan bisa berfikir dengan jernih

Anda mungkin akan membeli semua yang tampaknya lezat dan menggoda selera anda, tanpa mempertimbangkan bahwa mungkin anda tidak akanbisa menghabiskannya.

Selain itu anda jelas akan keluar dari rencana belanja anda, sehingga mungkin anda akan membuang uang anda untuk pengeluaran yang tidak terencana.

10. Pilih tempat terbaik untuk belanja

Saat ini ada sangat banyak toko yang bisa anda pilih untuk berbelanja, dari yang terdekat hingga yang berada diluar negri tanpa lagi terhalang oleh jarak lagi.

Bandingkan setiap toko tersebut, tidak perlu harus menanyakan satu per satu, biasanya jika diurutkan dari yang termahal, Mall / Super Market, Toko, Pasar tradisional, Online Shop.

Online shop biasanya selalu menjadi pilihan termurah, terkadang bahkan setelah ditambah ongkos kirim, tapi saat ini ada online shop yang memberikan fasilitas gratis ongkir.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, pastikan anda membeli dari distributor langsung atau toko resminya, karena sudah pasti para dropshiper dan reseller akan memarkup lagi harga dari distributor.

Akan tetapi jika selisih harga antara online shop tidak terlalu jauh, saya pribadi lebih suka belanja ditoko terdekat, karena mesikpun online shop menawarkan retur barang, tetapi biaya kirim akan ditanggung oleh kita, selain itu waktu yang dibutuhkan juga akan lama.

Dan yang harus diingat, meskipun online shop lebih murah, super market memberikan diskon.

Tidak ada salahnya kita membeli barang tersebut dari toko kelontong ditempat kita, apalagi tetangga sendiri.

Karena jika ada apa – apa yag kita repotkan adalah tetangga, bukan pemilik supermarket atau penjual di online shop, kecuali pemilik supermarketnya tetangga kita 🙂

Terimakasih telah membaca sampai akhir 10 tips mengontrol belanja berlebihan ini.

Saran saya jika anda merasa selalu kurang penghasilan anda setiap bulannya, cobalah untuk lebih mensyukuri apa yang anda pnya saat ini.

Bersedekah akan menjadi cara bersyukur pilihan, karena kita akan bisa memahami betapa beruntungnya anda dengan keadaan anda saat ini, dibandingkan dengan mereka yang lebih kurang beruntung dari anda.

Bahkan Allah SWT telah berjanji jika seseorang bersyukur atas nikmat yang Allah berikan, maka Allah akan menambah nikmat tersebut.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *